Ilustrasi Perbaikan Jalan (ANTARA/Dedhez Anggara)

Bengkulu (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Bengkulu Selatan, Provinsi Bengkulu 2012 memprioritaskan peningkatan jalan dari konstruksi aspal biasa menjadi hotmix.

Pada tahun anggaran 2012 ada 71 paket proyek jalan dalam kota Manna dan sentra produksi akan ditingkatkan menjadi jalan hotmix, untuk memperlancar transportasi produksi masyarakat, kata Kepala Bappeda Bengkulu Selatan Ramlan Saim, Rabu.

Ia menjelaskan, panjang jalan dalam kota Manna mulai dari 50 meter hingga 500 meter karena selama ini masih konstruksi beraspal tipis.

Sedangkan ada beberapa ruas jalan menuju sentra produksi tanaman perkebunan dan pertanian masyarakat daerah itu, juga akan ditingkatkan, mengingat usulan dari warga beberapa desa.

Jalan desa menuju ibukota kabupaten itu selama ini juga konstruksi koral, meskipun bisa dilewati dengan kendaraan roda empat namun akan terkendala saat musim hujan, katanya.

Humas Pemkab Bengkulu Selatan Lisman Hawardi mengatakan, usulan perbaikan beberapa poros jalan di wilayah itu sudah disampaikan instansi teknis PU ke bupati Bengkulu Selatan Reskan Effensi.

Selain itu juga sudah mendapat dukungan dari DPRD untuk pengelolaan anggaran peningkatan jalan tersebut yang nilainya mencapai puluhan miliar rupiah.

Mantan Kepala Dinas Pu Bengkulu Selatan Yadra Siut mengatakan, jalan yang ada ditingkatkan di wilayah itu sekitar 75 persen kegiatan Bidang Bina Marga dan konstruksi penetrasi ke hotmix.

Alokasi dananya bersumber dari Dana Anggaran Khusus (DAK) dan Dana Anggaran Umum (DAU) 2012, jalan yang akan ditingkatkan itu sebanyak 71 paket kegiatan tersebar di dalam kota dan Pasar Manna dan menghubungkan beberapa desa terdekat, ujarnya.