6/12/2013

TUGAS LAPORAN 4 FUNGSI DALAM MEDIA MASSA



TUGAS
LAPORAN 4 FUNGSI DALAM MEDIA MASSA

DISUSUN OLEH:
NAMA                : RIJONO SIANTURI
NPM                    : D0C012017


JURUSAN D III JURNALISTIK
FAKULTAS ILMU SOSIAL DAN ILMU POLITIK
UNIVERSITAS BENGKULU
2012/2013.




PENDAHULUAN
A.    Latar Bekakang
Media massa atau Pers adalah suatu istilah yang mulai digunakan pada tahun 1920-an untuk mengistilahkan jenis media yang secara khusus didesain untuk mencapai masyarakat yang sangat luas. Dalam pembicaraan sehari-hari, istilah ini sering disingkat menjadi media.
Masyarakat dengan tingkat ekonomi rendah memiliki ketergantungan dan kebutuhan terhadap media massa yang lebih tinggi daripada masyarakat dengan tingkat ekonomi tinggi karena pilihan mereka yang terbatas. Masyarakat dengan tingkat ekonomi lebih tinggi memiliki lebih banyak pilihan dan akses banyak media massa, termasuk bertanya langsung pada sumber atau ahli dibandingkan mengandalkan informasi yang mereka dapat dari media massa tertentu.
Media massa sudah menjadi satu institusi sosial yang penting dalam kehidupan kita. Dalam konteks media massa sebagai institusi sosial itu, tentu media massa membentuk dirinya sebagai salah satu organisasi yang hidup di tengah masyarakat.  
Domininick (2001) menyebutkan beberapa fungsi komunikasi massa bagi masyarakat, yaitu :
a.    Fungsi pengawasan (surveillance)
            Fungsi ini terdiri dari  2 bentuk utama, yaitu pengawasan peringatan dan pengawasan instrumental. Media massa menjalankan fungsi pengawasan peringatan, jika menginformasikan tentang ancaman yang disebabkan oleh beberapa hal, misalnya bencana alam, serangan militer, inflasi dan krisis ekonomi. Fungsi pengawasan instrumental dari media massa jika informasi yang disampaikan memiliki kegunaan atau dapat membantu khalayak dalam kehidupan sehari-hari.


b.   Fungsi penafsiran (interpretation)
            Fungsi ini dijalankan jika media selain menyampaikan fakta dan data kepada khalayak, juga memberi penafsiran terhadap kejadian-kejadian penting. Media memilih dan memutuskan peristiwa-peristiwa mana yang layak dan yang tidak layak disajikan.
c.    Fungsi keterkaitan (linkage)
            Media massa dapat menjadi alat pemersatu anggota masyarakat yang beragam sehingga membentuk pertalian berdasarkan kepentingan dan minat yang sama tentang sesuatu.
d.   Fungsi penyebaran nilai (transmission of values)
            Fungsi ini disebut juga sosialisasi. Media massa memperlihatkan kepada khalayak tentang bagaimana seharusnya mereka bertindak dan apa yang diharapkan mereka.
e.    Fungsi hiburan (entertainment)
            Fungsi hiburan selalu dijalankan oleh setiap media massa. Media yang sangat jelas menjalankan fungsi ini adalah televisi,  radio dan tabloid.
     
Selain fungsi-fungsi di atas, ada beberapa fungsi yang bersifat umum  lain dari media massa, yaitu fungsi informasi, pendidikan, memengaruhi, fungsi proses pengembangan mental, adaptasi lingkungan dan fungsi memanipulasi lingkungan. Secara lebih khusus media massa mempunyai fungsi, yaitu fungsi meyakinkan, menganugerahkan status, membius, menciptakan rasa kebersatuan, privitasi dan hubungan parasosial. (Karlina, dkk, 2002)
Dalam media kita sudah sering mendengar,beberapa fungsi dalam media massa tapi yang harus dipertanyakan apakah semua fungsi tersebut sudah dilakukan,seperti dalam kunjungan kami kemedia bengkulu,dibawah ini saya akan melaporkan dari empat fungsi dari media massa yang ada di Bengkulu.



4 FUNGSI MEDIA MASSA DI MEDIA MEDIA BENGKULU

A.    RADIO
Media jazirrah FM
·         Dari hasil wawancara saya  15 mei 2013  jam 12.35 WIB yang bertempat tinggal jl.kampung bali UMB menurut narasumber saya lapangan pak soleha radio jazirrah FM memberikan informasi,hiburan dan pendidikan, Danradio ini pun sering di gunakaan sebagai sarana masyarakat, informasi yang menjelaskan tentang universitas umb
Media RRI FM
·         Hasil wawancara saya  15 mei 2013 jam 12.50 WIB yang bertempat tinggal di JL.Lampu merah Simpang skip. Bapak Anzwar selaku petugas dari RRI menjelaskan bahwa  siaran yang di siarkan oleh RRI memberikan informasi yang akurat pada masyarakat,hiburan dan pendidikan dan menyalurkan inspirasi masyarakan dan sebagai alat control dan mencerminkan kode etik kewartawanan

Media Swara Unib
·         Dari hasil wawancara saya pada 15 mei 2013 pukul 13.00 yang bertempatan di Unib nara sumber sayua menjelaskan program siaran swara unib sudah memenuhi 4 fungsi yang ada media massa, selain itu swara unib juga menyiarkan program acara yang berhubungan dengan budaya bengkulu yang mengangkat tentang kebudayaan bengkulu sehingga 4 fungsi media massa di laksanakan di setiap program






Media Sehati FM
·         Hasil wawancara saya pada 15 mei 2013 jam 13.35 WIB yang bertempat tinggal di JL.Hibrida Raya, saya mewawancarai bapak Hadi selaku operasional radio sehati,ia menjelaskan bahwa radio sehati masih belum memenuhi 4 fungsi media massa hal ini dikarnakan radio sehati masi menyampaikan informasi kepada masyarakat ,menginformasikan ini dikhususkan untuk dalam bidang kesehatan dan bekerjasama dengan KBR 68 H



B.     TELEVISI
ESA TV
·         Dari hasil wawancara saya di ESA TV pada 15 mei 2013 jam 02.00WIB bapak buyung menjelaskan bahwa Esa TV salah satu budaya tanpa batas,induk Esa TV  itu adalah perusahaan tambang, dari semua program acara yang ada di Esa TV hampir semua program di Esa TV telah memenuhi 4 fungsi media massa

TVRI
·         Dari hasil wawancara saya pada tanggal 15 mei 2013 jam 03.00WIB bapak wido selaku perwakilan kepala stasiun menjelaskan bahwa TVRI bengkulu berfungsi untuk menunjukan semua sisi kehidupan adat,budaya dan etika dan bahwa 4 fungsi media massa sangat penting digunakan di dalam TVRI , untuk menyebarkan informasi kepada masyarakat.

ليست هناك تعليقات:

إرسال تعليق

BACA DAN PAHAMI